Ibu hamil pasti menginginkan janin yang dikandungnya dalam keadaan sehat dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Sehingga ibu hamil berusaha untuk memenuhi asupan nutrisinya dan gizi yang diperlukan oleh janin saat dalam masa kehamilan.

Otak merupakan susunan saraf dalam tulang tengkorak yang menyambung dengan sumsum tulang belakang, meskipun berat otak hanya sekitar 2-3 persen berat tubuh, tetapi peranan otak sangat penting karena memegang pernanan kendali hampir di semua aspek.

makanan sehat ibu hamil

Otak membutuhkan oksigen serta nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan organ lain. Seperlima darah dialirkan ke otak untuk kebutuhannya yang tinggi. Nutrisi yang dibawa darah tentu saja memegang porsi penting dalam kinerja otak. Lalu apa sajakah makanan yang dapat menstimulasi ibu hamil agar bayi menjadi cerdas? Berikut ulasannya

1. Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung gizi sangat tinggi, seperti asam lemak esensial, omega 3, AA dan DHA yang disinyalir sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin yang terdapat dalam kandungan. Namun sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi salmon mentah, karena dikhawatirkan ikan salmon masih terkontaminasi oleh bakteri yang berbahaya.

2. Daging Sapi Matang
Sebelum mengonsumsi daging sapi ini, ibu hamil harus memastikan bahwa dagi yang dikonsumsinya benar-benar dala keadaan matang sempurna, karena daging yang belum matang terdapat bakteri berbahaya yang bisa saja menganggu kesehatan janin. Daging sapi banyak mengandung banyak protein dan zat besi. Protein tersebut sangat baik untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim, dan juga sistem kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk janin, daging matang juga bermanfaat bagi ibu karena kandungan zat besi dapat membantu produksi hemoglobin dan menjauhkan sang ibu beresiko melahirkan prematur. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi daging sapi matang sekitar 35 gram tanpa lemak.

3. Telur
Telur mengandung protein dan juga lemak yang sangat kaya akan vitamin dan juga mineral yang banyak manfaatnya bagi ibu hamil. Sel tubuh pada bayi yang masih berkembang di dalam kandungan membutuhkan asupan protein yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang. telur juga mengandung kolin dan asam lemak omega 3 yang bisa membantu otak dan penglihatan si anak. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi satu telur ukuran besar atau sekitar 50 gram telur.

4. Kacang Tanah
Sebelum mengonsumsi kacang tanah, ibu hamil harus memastikan bahwa tidak mempunyai riwayat alergi pada makanan ini. Kacang tanah mengandung sangat banyak protein dan juga asam folat ynag baik untuk para ibu hamil. Mengonsumsi kacang tanah pada awal kehamilan juga bisa membantu untuk mencegah cacat otak pada anak atau pada tulang belakang anak yang masih berada dalam kandungan. Setiap porsinya ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi dua sendok makan kacang tanah yang telah dikupas.

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstrasi tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.
Ibu tidak harus pantang kafein, tetapi kafein bagi ibu hamil memang harus dikurangi. Efek kandungan kafein langsung akan kita dapatkan apabila kita meminum kopi dalam jumlah kadar yang tinggi seperti meningkatkan detak jantung, syaraf mata yang terkontraksi bahkan pusing di bagian kepala. Efek tersebut apabila dirasakan oleh ibu hamil maka akan berdmpak buruk bagi ibu hamil dan janinnya.

Berdasaran hasil penelitian, menyebutkan bahwa efek kopi bagi ibu hamil dapat mengurangi kemampuan untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Apabila kopi dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil maka yang terjadi adalah dapat mengakibatkan keguguran. Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam kadar yang tidak lebih dari 200 Mg atau setara dengan dua gelas kopi perhari tidak menyebabkan resiko kematian janin. Namun kandungan kopi dalam satu cangkir tergantung kopi dan cara membuatnya. Contohnya biji kopi robusta umumnya mengandung lebih banyak dari biji kopi arabika.

Alasan mengapa kopi berbahaya bagi ibu hamil adalah karena molekul kafein dapat dengan mudah melewati plasenta dan masuk ke aliran darah bayi. Ibu hamil yang melebihi batas yang direkomendasikan untuk asupan kafein lebih banyak beresiko melahirkan bayi dalam keadaan meninggal. Molekul kafein yang serius dapat mengganggu gizi yang diterima bayi melalui plasenta. Selain itu minum kopi yang berlebihan akan berdampak buruk pada janin laki-laki. Dalam kondisi normal, biasanya testis janin laki-laki turun dari panggul ke dalam skrotum selama trimester akhir, namun apabila ibu hamil meminum kopi berlebihan maka kondisi itu akan terjadi sebaliknya. Meminum kopi yang berlebihan juga mengakibatkan bayi yang lahir akan mengalami insomnia, bayi tersebut akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk tetap terjaga setelah kelahiran, padahal tidur adalah hal yang penting bagi perkembangan bayi. Kopi yang berlebihan dikonsumsi oleh ibu hamil juga beresiko membuat detak jantung bayi lebih cepat dan rentan terjadi masalah terhadap perkembangan janin.